Kamis, Maret 9

pikar07

Cara Mengatasi Handphone Yang Terkena Air Agar Tidak Rusak


Jika smartphone sudah mengalami gejala seperti mati total maka biaya yang di butuhkan tidaklah sedikit. Jika di hitung-hitung lebih baik membeli smartphone baru. Karena pada umumnya smartphone yang sudah terendam di air lambat laun akan mengalami berbagai masalah. Lantas apa solusi terbaik mengatasi smartphone yang terkena air agar tidak sampai rusak? Berikut ini ulasnnya. 

Tips Mengatasi android Terkena Air

1. Jangan Sampai Menghidupkan Smartphone

Banyak orang yang tidak sabar ketika smartphonenya terkena air, apalagi jika saat terkena air smartphone mati. Maka kita buru-buru untuk menghidupkannya untuk mengecek kondisi smartphone. Padahal saat kondisi seperti ini rawan sekali terjadi konslet pada kelistrikan yang berakibat fatal pada komponen smartphone. Karena seperti yang kita tahu, air dan listrik sangat tidak bersahabat.

2. Lepaskan Baterai, Memori dan SIM Card

Yang seharusnya di lakukan adalah melepas semua yang melekat pada smartphone, mulai dari baterai, memori dan sim card. Selamatkan terlebih dahulu memori anda, karena file yang ada di dalamnya sangat berharga. Keringkan memori, baterai dan juga sim card.       

3. Bongkar Bagian Dalam Smartphone

Jika anda ingin smartphone kering dan terbebas dari air maka solusi terbaiknya dengan membongkar smartphone. Lepaskan casing bagian luar, bagian dalam, komponen lain seperti PCB misalnya.

Jika anda kurang berpengalaman dalam membongkar smartphone, maka mintalah bantuan orang yang berpengalaman.

4. Fokus Pada Layar atau LCD

Inilah komponen yang sering sekali rusak saat terkena Air, maka dari itu setelah berhasil membongkar smartphone, jangan lupa untuk mengeringkan LCD. Hilangkan semua air yang menempel, karena jika di biarkan di khawatirkan LCD rusak atau minimal muncul flek hitam yang sangat menganggu.

5. Lakukan Pengeringan Total

Setelah LCD berhasil di bersihkan selanjutnya lakukan pengeringan total terhadap semua komponen smartphone. Yang pertama tentu saja bersihkan dengan kain lembut atau tisu pada setiap komponen, hilangkan semua air hingga tak tersisa.

Lalu keringkan komponen dengan kipas angin, blower, hair drayer atau alat lain yang membantu. Namun untuk komponen seperti PCB harus hati-hati, jika menggunakan hair drayer jangan terlalu dekat agar tidak merusak komponen PCB.

6. Rendam Dalam Beras

Setelah proses penolongan pertama telah usai, selanjutnya rendam semua komponen tersebut dalam beras. Beras sudah terbukti ampuh untuk menyerap kandungan air. Rendam smartphone pada beras dengan durasi waktu 1 hingga 2 hari sampai anda yakin smartphone sudah kering.

Admin sendiri pernah mencoba merendam HP yang jatuh ke dalam air. Admin biarkan HP terendam beras sekitar 1 hari dan hasilnya cukup memuaskan, Hp kembali normal seperti sedia kala. Sehingga mengatasi smartphone terkena air dengan meredam ke dalam beras merupakan solusi yang harus di lakukan.

7. Rakit Smartphone Seperti Semula dan Tes

Setelah penantian selama kurang lebih 2 hari, kini saatnya mengambil kembali smartphone dari dalam beras dan merakitnya ke bentuk semula. Ingat rakitlah sesuai dengan lokasi sebelumnya, pastikan baut tepasang rapat dan sesuai ukuran. Jangan lupa komponen yang sensitif seperti LCD terpasang dengan tepat.

Setelah di rasa semua terpasang dengan benar, kini saatnya untuk mengetes smartphone. Hidupkan smartphone seperti biasa. Jika tidak ada masalah berarti smartphone kembali seperti sedia kala. Namun jika smartphone masih mati atau mengalami masalah, bawalah ke counter atau service center terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional.
 
Itulah beberapa hal yang mungkin bisa di lakukan sebagai pertolongan pertama untuk smartphone, paling tidak dengan melakukan hal tersebut, smartphone masih memiliki harapan dan tidak rusak. Cukup sekian semoga apa yang kami bagikan bermanfaat, jangan lupa share artikel ini jika di rasa bermanfaat, terimakasih sudah menyimak tips mengatasi smartphone kemasukkan air.